Cara Pendaftaran SNMPTN UNSRI 2017

PTN 17 ~ Cara Pendaftaran SNMPTN UNSRI 2017 | UNSRI menjadi pilihan nomor 1 di Sumsel dalam urusan pendidikan tinggi memang bukan sekedar isapan jempol karena warga Palembang sudah mengetahui banyak mengenai hal itu sehingga dalam penerimaan mahasiswa baru di setiap tahun UNSRI selalu melakukan seleksi ketat tentang siapa saja calon mahasiswa yang memenuhi standar untuk dapat belajar di Universitas Sriwijaaya (Unsri).

Setiap program studi yang ada di UNSRI selalu mendapatkan banyak pelamar dan untuk tahun 2017 tak banyak perubahan daripada tahun kemarin terutama dalam sistem pendaftaran yakni dengan cara melakukan registrasi online mengenai pendaftaran mahasiswa baru di Unsri.

Lalu bagaimana cara pendaftaran tersebut? Dalam penjelasan sebelumnya pada SNMPTN UNSRI 2017 Universitas Sriwijaya, admin telah menguraikan tentang beberapa jalur masuk UNSRI salah satunya adalah SNMPTN.



Untuk jalur SNMPTN pendaftarannya adalah secara online, dan penjelasan detail mengenai itu akan coba dijelaskan disini dalam Cara Pendaftaran SNMPTN UNSRI 2017.

Perlu diketahui bahwa SNMPTN adalah  pola seleksi nasional yang bahan pertimbangannya yakni hasil penelusuran prestasi akademik sebagai patokan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.

Artinya bukan hanya memandang perolehan nilai di akhir menjelang kelulusan maka untuk ketentuan umum dari pendaftaran SNMPTN 2017 adalah nilai sejak semester 1 atau awal masuk SMA/Sederajat.

Lalu hasil ini ditinjau melaui software atau aplikasi yang berbasis online dikenal dengan PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.

Selain itu tidak semua sekolah siswanya dapat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN melainkan yang telah mempunyai NPSN dan ketentuan lain yang tekait mengenai hal itu bisa cek langsung di portal web kampus tujuan mendaftar misal UNSRI di www.unsri.ac.id

Lalu jika sekolah ingin mendaftarkan siswanya melaui jalur SNMPTN 2017 katakanlah di UNSRI maka apa yang harus dilakukan? Nah perhatikan beberapa langkah berikut.
1). Sekolah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
2). Siswa memiliki prestasi unggul yakni peringkat terbaik semester 3, 4, dan 5 dengan rincian
a. akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
b. akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
c. akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
d. akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
3). Siswa memiliki NISN yang terdaftar di PDSS,
4). Siswa memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
5). Siswa memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Semua proses diatas harus telah selesai sebelum jadwal pelaksanaan SNMPTN UNSRI 2017 dimulai dan untuk info lebih lanjut silahkan cek web resmi SNMPTN 2017 atau bisa cek penjelasan-penjelasan pada tulisan lain di blog ini.

Semoga apa yang telah diberikan mengenai Cara Pendaftaran SNMPTN UNSRI 2017 tersebut dapat dimengerti dengan baik, tentang tata cara mengikuti tes SNMPTN 2017 bisa baca infonya di bawah ini :

Tata cara mengikuti SNMPTN dapat dilaksanakan dengan beberapa langkah mudah berikut, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) pemeringkatan, dan (3) pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Pengisian dan Verifikasi PDSS untuk mendaftar SNMPTN 2017

Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman resmi PDSS SNMPTN 2017 yakni pdss.snmptn.ac.id.

Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password SNMPTN 2017 yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi pendaftaran SNMPTN 2017.
Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.

Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi pendaftaran SNMPTN 2017 berakhir.

Pemeringkatan Siswa sebagai syarat SNMPTN 2017

Panitia Nasional melalui sistem, membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2016 pada semester tiga, semester empat dan semester lima.

Bagi siswa yang memenuhi syarat yakni memiliki prestasi akademik unggul berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Panitia Nasional sesuai ketentuan akreditasi sekolah yang diijinkan untuk mendaftar SNMPTN 2016.

Pendaftaran SNMPTN 2017

Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih dalam SNMPTN 2017.

Pendaftar pada program studi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman www.snmptn.ac.id.

Pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2017.

Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.
Description
: Cara Pendaftaran SNMPTN UNSRI 2017
Rating
: 4.5
Reviewer
: Cessa Morena
ItemReviewed
: Cara Pendaftaran SNMPTN UNSRI 2017