7 Cara Lihat Pengumuman SNMPTN 2017-2018

PTN 17 (Pengumuman SNMPTN 2017-2018) ~ Salah satu syarat wajib menjadi peserta tes SNMPTN 2017-2018 adalah mengisi PDSS namun bagi beberapa orang ini menjadi sulit apalagi pengisian PDSS 2017-2018 merupakan kali pertama sehingga disini kami akan berbagi tentang rangkuman dari 7 cara mudah mengisi PDSS untuk SNMPTN 2017-2018. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya satu persatu.

Login Sekolah terlebih dahulu

PDSS merupakan pangkalan data sekolah dan siswa artinya di dalam PDSS terdapat data sekolah dan siswa lengkap ataupun yang belum lengkap harus segera dilengkapi, pertama yang harus dilakukan adalah login terlebih dahulu. Cara mudahnya adalah dengan masuk ke url PDSS.SNMPTN.ac.id



Klik halaman untuk sekolah, lalu cari sekolah berdasarkan provinsi, bila nama sekolah tidak muncul maka bisa daftar sekolah baru.

Catatan : Kalau tahun sebelumnya sudah pernah ikut SNMPTN maka tinggal login saja. Ada fasilitas reset password bagi yang lupa kata sandi.

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan setelah login di PDSS adalah mengubah data sekolah ataupun akreditasi sekolah.

Pendaftaran Jurusan dan Perubahan Kurikulum

Pada tahap kedua diperuntukkan bagi sekolah dengan penambahan jurusan baru, dan juga perubahan kurikulum yakni dari KTSP 2016 menjadi Kurikulum 2013 dengan variasi skala nilai yang berbeda. Di dalam menu ini terdapat berbagai mata pelajaran yang pengisiannya disesuaikan dengan penerapan di sekolah. Selain itu ada juga penambahan kelas yakni kelas yang akan mendaftar pada SNMPTN 2017-2018.

Pengisian Data Siswa di PDSS SNMPTN 2017-2018

Dalam pengisian data siswa ada 3 cara yang bisa jadi pedoman yakni mengisi data seorang siswa, mengisi data per kelas dan mengisi data siswa dari siswa tahun sebelumnya. Selnajutnya data yang telah diisikan bisa juga diubah maupun dihapus. Lebih jelas mengenai 3 cara yang dimaksud adalah :
1.    Mengisi data seorang siswa melalui form isian
2.    Mengisi data sejumlah siswa melalui file xls
3.    Mengisi data siswa dari data tingkat sebelumnya

Pengisian Data Nilai Siswa

Dalam pengisian nilai sama halnya dengan pengisian nilai offline bedanya nilai yang telah diperoleh kemudian diunggah atau dimasukkan ke sistem PDSS online, baik itu nilai seorang maupun per kelas, ini berfungsi untuk memantau prestasi siswa agar dapat ikut dalam SNMPTN 2017-2018 yang akan segera belangsung.

Pencatatan Status Khusus Siswa di PDSS Online

Pada poin ini merupakan penjelasan status siswa, apakah siswa tersebut dalam status pertukan pelajar ataukah pindahan dari sekolah lain, mengisinya cukup mudah tinggal memilih beberapa pilihan yang yang ada terkait dengan status khusus siswa tersebut.

Mengisi Nilai Tambahan bagi Siswa

Ada kolom lain yang dapat diisi yakni nilai tambahan yang diperoleh siswa, sebagai tembahan prestasi untuk dipertimbangkan menjadi peserta SNMPTN 2017-2018. Nilai tambahan ini didasarkan pada nilai yang diperoleh oleh siswa dalam arti sesungguhnya bukan diada-adakan karena akan mengikuti seleksi SNMPTN 2017-2018.

Pengelolaan Password Siswa PDSS 2017

Akun sekolah mempunyai kotrol penuh terhadap login siswa sehingga mampu mengunduh dan juga mengubah password akun siswa dalam PDSS online 2017 untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri SNMPTN 2017.

Semua penjelasan diatas didasarkan pada petunjuk pengisian PDSS Online dalam Pendaftaran Online SNMPTN 2017 di web resmi, sehingga penjelasan yang belum rinci bisa di cek ulang di web resmi agar lebih jelas, atau panduan dalam bentuk PDF dapat didownload disini.
Description
: 7 Cara Lihat Pengumuman SNMPTN 2017-2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Cessa Morena
ItemReviewed
: 7 Cara Lihat Pengumuman SNMPTN 2017-2018