Pengertian dongeng
sumber: pixabay.com

Apa itu Dongeng? Inilah Pengertian Dongeng, Jenis dan Tujuanya

Diposting pada

PTN17.com – Apa sih pengertian dongeng, jenis jenis dan pentingnya membacakan cerita dongeng kepada anak? Apakah pada zaman sekarang ini masih ada orang tua yang mau membacakan dongeng kepada anaknya?

Dongeng adalah bentuk sastra lama yang bercerita mengenai suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan atau fiksi. Anggapan masyarakat bahwa cerita dalam dongeng itu nyata dan tidak sedikit yang mempercayainya.

Mendidik anak tidak hanya di sekolahan saja, namun disini peran orang tua dalam mendidik anak juga bisa dilakukan di rumah. Dengan cara membacakan cerita dongeng anak sebelum tidur yang memiliki ajaran moral.

Pengertian Dongeng

Pengertian dongeng adalah suatu bentuk sastra lama yang didalam ceritanya mengandung kejadian yang penuh khayalan.

Pengertian dongeng
sumber: pixabay.com

Dongeng merupakan kisah cerita pada zaman dahulu yang di sampaikan secara turun temurun dari orang terdahulu. Seperti yang saya katakan diatas, dongeng dapat berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral kepada anak.

Tidak hanya mendidik, namun juga terdapat unsur menghibur. Halini sangat cocok untuk menyenangkan sang buah hati.

Struktur dalam dongeng terdiri dari 3 bagian yaitu awalan, peristiwa atau kejadian, dan penutup.

Ciri khas yang terdapat pada dongeng adalah awalan atau pendahuluan cerita sangat singkat (langsung ke topik cerita), kisah ceritanya ditulis secara singkat atau pendek, ditulis dengan gaya bahasa sehari-hari.

Apa Saja Jenis-jenis Dongeng?

Jenis jenis dongeng
sumber: pixabay.com

Terdapat 9 jenis dongeng, yaitu:

  1. Mite,
  2. Sage,
  3. Fabel,
  4. Dongeng legenda,
  5. Dongeng jenaka (lucu),
  6. Pelipur lara (penghibur hati),
  7. Dongeng perempuan,
  8. Dongeng biasa,
  9. Dongeng brumus.

Berikut ini pengertianya:

#Mite adalah sebuah dongeng yang memiliki kisah cerita berbau hal-hal gaib, seperti halnya cerita tentang dewa/dewi, tuhan, ataupun peri.

#Sage adalah jenis dongeng yang menceritakan tentang kepahlawanan atau kesaktian.

#Fabel, yaitu dongeng yang mengisahkan binatang bisa berbicara atau bertingkah laku layaknya manusia. Contohnya dongeng keong emas, si kancil, dll

#Dongeng legenda, yaitu sebuah dongeng yang mengkisahkan suatu peristiwa mengenai asal usul tempat, benda, maupun binatang.

Dongeng jenaka, dongeng yang didalamnya bersifat komedi atau lucu.

#Pelipur lara, yaitu dongeng yang bersifat menghibur seperti cerita jenaka. Namun bedanya dongeng pelipur lara sering diacakan oleh dalang menggunakan media wayang.

#Dongeng perempuan atau parabel yaitu dongeng yang menceritakan tentang sosok perempuan. Biasanya bersifat kiasan/ibarat, nasihat yang mendidik.

#Dongeng berumus, yaitu cerita yang mengalami pengulangan. Terdapat 3 jenis yaitu dongeng kumulatif, dongeng mempermainkan orang, dan dongeng tanpa penutup.

#Dongeng biasa merupakan jenis dongeng yang ditokohi oleh manusia juga biasanya menceritakan suka duka seseoarang, dan impian seseorang. Contoh dongeng: cinderella, ande-ande lumut, bawang merah bawang putih, dan lainya.

Unsur Intrinsik Dongeng

Agar menciptakan sebuah cerita dongeng yang sangat menarik dan enak dibaca. Penulis juga harus memperhatikan 5 unsur intriksik dongeng berikut ini.

  • Tema,
  • Alur,
  • Penokohan,
  • Latar,
  • Amanat.

Penjelasanya:

1. Tema

Dalam sebuah karya tulis, tema merupakan unsur utama yang harus dipenuhi oleh seorang pengarang. Karena dengan adanya tema, para pembaca menjadi tau latarbelakang dari cerita itu.

Tema adalah ide atau gagasas yang melatarbelakangi keseluruhan cerita dalam sebuah cerita dongeng. Sang pengarang bisa mengambil berbagai macam (ide), mulai dari yang umum atau spesifik.

2. Alur (plot)

Alur merupakan rangkaian cerita (peristiwa) yang diurutkan besarkan sebab-akibat atau pun besarkan urutan waktu.

3. Penokohan

Apakah bedanya tokoh sama penokohan?

Tokoh artinya seorang pelaku, sedangkan penokohan adalah cara pengarang (penulis) menggambarkan sifat tokoh dalam cerita.

4. Latar (seting)

Dalam sebuah dongeng, latar merupakan salah satu unsur intriksik yang menunjukan keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana. Latar atau seting memiliki hubunngan erat dengan tokoh dalam suatu peristiwa dalam cerita.

5. Amanat

Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan sang pengerang kepada pembaca melalui cerita yang dibuatnya.

Tujuan Membacakan Cerita Dongeng Kepada Anak

Manfaat dongeng tidak hanya untuk menghibur saja, namun kita juga bisa mengajarkan (mendidik) anak dengan pesan-pesan atau amanat yang terkandung dalam cerita.

Tentu hal ini bisa menjadi pelajaran pertama sang anak sebelum masuk ke dunia sekolah. Pilihlah dongeng yang memiliki pesan moral yang baik dan juga menghibur untuk anak.

Cerita dongeng yang cocok untuk anak yang belum memasuki usia 5 tahun atau belum sekolah paud/tk tapi sudah mengerti kata-kata adalah cerita asal-usul, dongeng binatang, dongeng islami dan lainya.

Itulah pengertian dongeng, tujuan dan jenis jenis dongeng yang ada di Indonesia. ptn17.com menyediakan banyak cerita dongeng menarik yang cocok untuk buah hati.

Apa itu Dongeng? Inilah Pengertian Dongeng, Jenis dan Tujuanya
5 (100%) 1 vote

Bagikan ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *