Asal usul burung gagak
Sumber: youtube.com/dongengkita

Cerita Dongeng Legenda: Asal Usul Burung Gagak Berwarna Hitam

Diposting pada

PTN17.com – Cerita dongeng asal usul burung gagak berwarna hitam. Burung gagak merupakan jenis unggas yang bisa dijumpai di Indonesia.

Burung gagak memiliki nama ilmiah Corvus Corax. Burung gagak termasuk jenis hewan yang memakan apa saja mulai dari biji-bijian, buah-buahan, serangga, ikan, hewan-hewan kecil lainnya hingga bangkai.

Burung gagak merupakan hewan omnivora yaitu hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan. Burung gagak tersebar dan bisa ditemukan pada hampir seluruh penjuru dunia, kecuali di benua Amerika bagian selatan.

Cerita burung gagak sering kali dikait-kaitkan dengan hal mistis atau gaib. Tapi asal mula burung gagak tidaklah seperti yang sekarang ini.

Asal usul burung gagak
Sumber: youtube.com/dongengkita

Pada zaman dahulu, asal usul burung gagak tidaklah berwarna hitam sebagaimana yang kita lihat sekarang ini. Ternyata burung gagak pada zaman dahulu berwarna putih bersih.

Tetapi bagaimana ceritanya burung gagak bisa berwarna hitam pekat seperti sekarang ini. Mari kita simak dalam cerita dongeng asal mula burung gagak berikut ini.

Dongeng Asal Usul Burung Gagak

Suatu hari ada seekor ular sanca yang berjalan lemas karena kelaparan. Cuaca yang sangat panas dan rasa lapar membuat tubuh ular sanca berkeringat.

Ular Sanca: “Ssstt… sebenarnya dimana hewan-hewan lain. Tau saja kalau saya sedang lapar. Haduh.. panasssnya.”

Ular sanca tiba-tiba mendengar suara air gemericik. Kepala ular sanca menoleh ke sana kemari mencari arah suara air tersebut.

Ular sanca akhirnya menemukan sumber suara gemericik air tersebut. Ular sanca sangat gembira karena menemukan sebuah sungai kecil di saat cuaca sangat panas.

Ular Sanca: “Wahhh…. Segar sekali sungai ini..”

Ketika sedang asyik berendam tiba-tiba ular sanca melihat banyak ikan berenang di sekitarnya.

Ular Sanca : “Wah… makanan..makanan hahaha.”

Ular sanca yang sudah sangat kelaparan tidak menunggu lama segera dia menangkap ikan-ikan yang berenang di dekatnya. Namun saying, ikan-ikan tersebut berenang dengan sangat gesit.

Melihat ikan-ikan yang sulit di tangkap, ular sanca kemudian mengambil nafas panjang untuk mengumpulkan tenaga. Ular sanca kembali memburu ikan ikan tersebut dengan tenaga yang lebih kuat.

Ikan ikan berenang semakin gesit. Ular sanca mengeluarkan seluruh tenaganya untuk menangkap ikan. Bahkan kepalanya sampai masuk ke dalam air sampai setengah tubuhnya.

Kepala ular sanca keluar dari dalam air sambil menggigit sesuatu. Namun tidak lama kemudian wajah ular sanca menjadi marah karena yang digigitnya ternyata hanya sebongkah batu bukan seekor ikan.

Ular sanca menjadi sangat geram karena tidak satu ekor pun ikan yang berhasil ditangkap. Tetapi ular sanca tidak patah semangat. Dia mendapatkan ide untuk menangkap ikan ikan tersebut.

Ular sanca menggigit sebuah pohon di pinggir sungai sedangkan ekornya melilit sebuah pohon di seberangnya lagi.

cerita burung gagak berwarna hitam

Ternyata ular sanca mencoba mengeringkan aliran sungai. Rencananya berhasil, air sungai mulai surut dan ikan-ikan menggelepar kehabisan air.

Tanpa disadari ular sanca, sepasang mata mengawasi apa yang dilakukan oleh sanca tersebut. Burung gagak pun ternyata punya rencana licik. Burung gagak terbang melesat menuju ikan-ikan yang menggelepar kehabisan air tersebut.

Burung gagak dengan pelan dan hati-hati jalan mengendap-endap ke arah ikan-ikan. Burung gagak kemudian memakan ikan-ikan di sungai.

Sambil makan, burung gagak tidak lupa mengawasi ular sanca yang masih saja membendung aliran sungai. Sedangkan ular sanca yang bersusah payah membendung aliran sungai sedang membayangkan memakan ikan-ikan sampai perutnya kenyang.

Burung gagak yang rakus itupun memakan ikan terakhir yang ada di sungai. Burung gagak pun terkejut mendengar suara sendawa nya sendiri. Dia pun menutup mulutnya sambil menoleh ke arah ular sanca.

Ular sanca yang sedang membayangkan memakan ikan-ikan hasil jerih payahnya pun terkejut mendengar suara sendawa. Dia segera melepaskan gigitannya dan menoleh kebelakang ular sanca pun melihat seekor burung gagak yang terlihat kekenyangan.

Cerita dongeng asal usul burung gagak
Sumber: youtube.com/dongengkita

Ular sanca: “Hey… Gagak.!! Berani sekali kamu mengambil makananku. Aku sangat lapar.. Maka kamu yang harus saya makan.”

Ular sanca yang sangat marah tersebut segera mematuk burung gagak. Gagak yang ketakutan segera terbang melarikan diri. Burung gagak yang kekenyangan tersebut tidak kuat terbang jauh. Dia hinggap di sebuah dahan pohon.

Ternyata ular sanca yang marah tidak berhenti mengejar burung gagak. Burung gagak yang terkejut tersebut segera terbang lagi.

Ular sanca pun terus mengejarnya kemanapun burung gagak pergi. Selalu dikejar oleh ular sanca, burung gagak kemudian lari ke sebuah perkampungan.

Dia berharap ular sanca tidak akan berani mengejarnya di sebuah kampung. Dugaan burung gagak keliru, dari kejauhan terlihat ular sanca masih mengejarnya.

Asal Usul Burung Gagak Berwarna Hitam

Burung gagak menjadi panik, burung gagak tersebut kemudian masuk ke dalam dapur. Dia melihat ada bekas perapian dari arang hitam yang banyak.

Burung gagak tiba-tiba punya ide. Dia masuk kedalam bekas perapian arang tersebut dan seluruh tubuhnya tiba-tiba menjadi hitam legam terkena sisa-sisa arang.

Kisah cerita asal usul gagak warna hitam
Sumber: youtube.com

Burung gagak yang sudah berubah menjadi hitam legam tersebut kemudian pergi ke semak-semak di belakang rumah mencari tempat persembunyian.

Nah, itulah cerita dongeng asal usul burung gagak berwarna hitam. Nantikan cerita dongeng anak bergambar animasi lainya dan juga dongeng legenda yang tak kalah menarik hanya di blog Pintar Dongeng 17.

Cerita Dongeng Legenda: Asal Usul Burung Gagak Berwarna Hitam
4.5 (90%) 2 votes

Bagikan ya :)

One thought on “Cerita Dongeng Legenda: Asal Usul Burung Gagak Berwarna Hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *