Kisah Cerita Lutung Kasarung

Cerita Rakyat Lutung Kasarung (Dongeng Legenda Sunda)

Diposting pada

Cerita Rakyat Lutung Kasarung. Di provinsi Jawa Barat terdapat cerita dongeng legenda yang sampai sekarang ini masih dicertakan kepada anak dan cucu. Blog Pintar Dongeng 17 akan terus update cerita dongeng bergambar animasi untuk teman-teman semua.

Lutung Kasarung yang artinya (Lutung yang tersesat) adalah cerita rakyat Sunda yang mengisahkan legenda masyarakat Sunda tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke bumi dalam wujud seekor lutung (sejenis monyet). [sumber Wikipedia]

Dalam berkelananya di Bumi, sang lutung itu bertemu dengan putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya sendiri yang memiliki sifat pendengki, (Purbararang).

Lutung Kasarung merupakan mahkluk yang buruk rupa. Pada akhirnya ia berubah menjadi pangeran dan menikahi Purbasari, sehingga mereka memerintah Kerajaan Pasir Batang dan Kerajaan Cupu Mandala Ayu bersama-sama.

Bagaimana cerita lengkap dongeng Lutung Kasarung? Dan bagaimana awal mula cerita dongeng rakyat Lutung Kasarung itu? Inilah kutipan cerita disertai dengan gambar animasi dan videonya lengkap.

Dongeng Cerita Rakyat Lutung Kasarung

Dahulu kala hiduplah seorang Raja bernama Prabu Tapa Agung. Beliau memerintah kerajaan Pasir Batang dengan arif dan bijaksana. Sang prabu memiliki 7 orang putri yang sangat cantik jelita. Mereka adalah Purbararang, Purbamanik, Purbaleuwih, Purbaendah, Purbakencana, Purbadewata, dan Purbasari.

Cerita rakyat lutung kasarung
Cerita rakyat lutung kasarung

5 diantaranya telah menikah dan menjadi permaisuri di kerajaan lain. Kini tinggal Purbararang dan Purbasari yang belum menikah. Tetapi purbararang sudah memiliki tunangan yang sangat tampan dan gagah perkasa. Dia adalah Raden Indra Jaya, (putra seorang menteri kerajaan)

Sang prabu menyadari kini usianya sudah semakin tua. Tetapi dia bingung untuk memutuskan siapa yang akan meneruskan tahta nya kelak. Menurut hukum adat, tahta seharusnya diwariskan pada Purbararang sebagai saudara tertua.

Namun sifat buruk Purbararang membuatnya khawatir akan masa depan rakyatnya kelak. Ia lebih senang jika Purbasari yang menggantikan tahtanya. Karena Purbasari sangat bijaksana dan baik hati.

Dongeng Sunda Lutung Kasarung

Prabu Tapa Agung (sang Ayah): “Hmm.. sepertinya Purbasari yang pantas meneruskan tahtah kerajaan.”

Dengan pertimbangan itu sang Prabu memilih Purbasari menjadi ratu. Purbararang tidak setuju dengan keputusan ayahnya, karena dia merasa bahwa dirinya lebih berhak atas tahta itu.

Purbararang menceritakan hal tersebut pada Indra Jaya dan muncullah akal licik mereka untuk menyingkirkan Purbasari.

Cerita Lutung kasarung

Purbararang: “Ini tidak bisa dibiarkan..! Seharusnya aku yang meneruskan tahta kerajaan dan menjadi ratu”

Raden Indra Jaya: “Tenang saja Purbararang. Aku punya rencana untuk Purbasari.”

Mereka (Purbararang dan Indra Jaya) meminta bantuan dukun sakti untuk menyihir Purbasari. Dengan kesaktian sang dukun, tiba-tiba Purbasari terserang penyakit aneh seluruh tubuhnya dipenuhi bintik-bintik hitam.

Cerita Dongeng Lutung Kasarung

Purbasari: “Aduh… ada apa dengan kulitku. Kenapa kulitku dipenuhi bintik-bintik hitam..?”

Tak seorang tabib pun berhasil menyembuhkannya. Kesempatan ini tentu tidak disia-siakan oleh Purbararang. Purbararang segera menghasut ayahnya agar Purbasari diusir atau diasingkan.

Dongeng Lutung Kasarung Jawa Barat

Purbararan: “Ayah.. saya rasa sebaiknya kita harus mengasingkan Purbasari di suatu tempat. Dia terkena kutukan. Karena tidak mematuhi hukum adat.”

Prabu Tapa Agung (sang Ayah): “Benarkan apa yang kau katakana itu Purbararang.?”

Purbararang: “Iya Ayah.. percayalah..”

Sang prabu termakan hasutan putrinya. Ia memerintahkan patihnya untuk membuang Purbasari.

Sejak saat itu Purbasari tinggal seorang diri di sebuah pondok kecil di tengah hutan. Kini hewan-hewan di hutan menjadi sahabatnya. Hewan-hewan itu sangat baik dan sering membantunya mencari buah-buahan.

Suatu hari ketika Purbasari sedang asyik bermain dengan para hewan, tiba-tiba muncul seekor lutung berwajah seram. Purbasari sangat terkejut dan takut.

Kisah Cerita Lutung Kasarung

Purbasari: “Ampun lutung.. jangan sakiti aku..”

Lutung Kasarung: “Jangan takut, aku tidak akan menyakitimu. Aku Guruminda, putra Sunan Ambu dari Kahayangan. Aku melakukan kesalahan sehingga aku diuang ke Bumi dengan wujud seperti ini. Aku tersesat..”

Mendengar jawaban lutung, Purbasari menjadi tenang. Purbasari juga memperkenalkan diri dan menceritakan asal-usulnya. Akhirnya mereka berteman.

Sejak saat itu Purbasari memanggil lutung dengan nama Lutung Kasarung artinya (lutung yang kesasar). Ke manapun Purbasari pergi Lutung Kasarung selalu menemaninya. Purbasari sangat senang mendapat sahabat yang baik seperti Lutung Kasarung.

Pada suatu malam bulan purnama, Lutung Kasarung bersedih memohon kepada yang maha kuasa untuk menyembuhkan penyakit Purbasari. Permintaan dikabulkan, tanah disekitarnya berubah menjadi telaga kecil.

Cerita rakyat lutung kasarung jawa barat
Cerita rakyat lutung kasarung

Air telaga itu mengandung obat kulit yang sangat manjur. Ketika pagi tiba, ia mengajak Purbasari untuk mandi di telaga itu. Keajaiban pun terjadi, penyakit Purbasari sembuh bintik-bintik hitam di kulit nya telah hilang. Kini ia pun menjadi cantik kembali.

Purbasari: “Waahh.. terima kasih Tuhan.. penyakit yang ada di tubuhku sudah hilang.”

Purbasari sangat senang melihat bintik hitam di kulit nya hilang. Suatu hari sang Patih datang ke hutan untuk menjenguk Purbasari. Betapa senangnya dia melihat Purbasari telah sembuh. Ia pun mengajak Purbasari untuk kembali ke istana. Purbasari menolak.

Dongeng Legenda Lutung Kasarung
Dongeng Legenda Lutung Kasarung

Patih Kerajaan: “Purbasari ayo kita pulang ke kerajaan. Penyakit putri sudah sembuh.”

Purbasari: “Tidak patih, aku tinggal disini saja. Aku lebih nyaman tinggal di hutan.”

Setelah di desak oleh patih dan dibujuk oleh Si Lutung akhirnya Purbasari menerima ajakan tersebut.

Purbasari: “Baiknya Patih,kalau begitu Aku mau pulang ke kerajaan.”

Sayembara Merebut Tahta Kerajaan

Kedatangan Purbasari ke istana disambut gembira oleh seluruh keluarga Kerajaan. Kecuali Purbararang dan Indra Jaya. Purbararang khawatir kedudukannya sebagai calon Ratu akan terancam. Ia pun membujuk ayahnya untuk mengadakan sayembara.

Dongeng Asal Usul Lutung kasarung

Purbararang: “Ayah, saya keberatan jika Purbasari dinobatkan sebagai ratu. Agar semuanya adil sebaiknya diadakan sayembara. Pemenangnya berhak menerima tahta kerajaan sedangkan yang kalah akan dihukum pancung.”

Sang prabu pun mengabulkan permintaan Purbararang. Tibalah hari dimana Purbasari dan Purbararang akan berlomba. Seluruh rakyat berkumpul di halaman istana untuk menyaksikannya.

Perlombaan pertama adalah memasak.

Siapa yang paling cepat dan rasa masakan yang lezat akan dinyatakan sebagai pemenang. Lomba ini di menangkan Purbasari, berkat kesaktian Lutung Kasarung mendatangkan para Bidadari untuk membantu Purbasari memasak tanpa diketahui siapapun.

Lutung Kasarung

Perlombaanan kedua adalah aduh panjang rambut. Purbararang segera melepaskan sanggulnya, rambutnya yang indah terurai hingga ke betis.

Purbararang: “Awas kau Purbasari.. untuk lomba kali ini pasti saya yang akan menang.”

Purbasari merasa tidak percaya diri karena rambutnya hanya sebatas punggung. Dengan kesaktiannya, Lutung Kasarung memanggil para Bidadari untuk menyambung rambut Purbasari.

Tanpa ragu Purbasari melepaskan sanggulnya, rambutnya yang halus pun terurai hingga ke tumitnya. Perlombaan ini pun di menangkan Purbasari.

Perlombaan ketiga adalah adu ketampanan calon suami. Dengan bangga Purbararang menunjukan Indra Jaya calon suaminya.

Rakyat: “Wah… tampan sekali calon suaminya Purbararang ya.. pasti ini yang menang.”

Semua yang hadir mengakui ketampanan dan kegagahan Indra Jaya. Purbasari memperkenalkan Si Lutung sebagai calon suaminya. Purbararang dan Indra Jaya tertawa melihat Purbasari mengenalkan Lutung Kasarung sebagai calon suaminya.

Cerita lutung Kasarung Jawa Barat

Purbararang: “Purbasari,, adakah calon suami yang lebih jelek dari Lutung itu? hahahah”

Lutung Kasarung tersinggung dan marah dia memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar wujudnya dikembalikan seperti semula.

Lutung Kasarung: “Ya Tuhan.. Kembalikan wujudku sebagai manusia seperti semula”

Dalam sekejab, Lutung kasarung berubah menjadi Guruminda yang ketampanan dan kegagahan nya melebihi Indra Jaya. Akhirnya perlombaan ini dimenangkan Purbasari.

Dongeng cerita rakyat lutung kasarung

Sebagai pemenang sayembara, Purbasari berhak menduduki tahta kerajaan. Sementara Purbararang dan Indra Jaya harus dihukum pancung sesuai dengan perjanjian. Tetapi Purbasari justru memaafkan kesalahan kakaknya.

Purbasari tidak mau menghukum kakak kandungnya yang begitu dia sayangi. Dia pun mengizinkan Purbararang untuk tetap tinggal di istana.

Akhirnya Purbasari dinobatkan sebagai Ratu. Purbasari memerintah dengan adil dan bijaksana sehingga rakyatnya hidup makmur dan damai. TAMAT

Amanat Cerita Rakyat Lutung Kasarung

Dari cerita diatas apakan teman-teman menangkap pesan moral atau amanat yang terkandung didalamnya? Berikut ini amanat yang terdapat di kisah cerita diatas.

  • Jangan menjadi orang yang pendengki atau iri hati,
  • Jangan tamak atau rakus,
  • Jadilah orang yang baik dan jujur,

Dari dongeng diatas kita tidak boleh seperti Purbararang yan memiliki sifat pendengki atau iri hati. Contohlah sifat Purbasari yang memiliki ketabahan hati, baik, dan jujur.

Gambar Animasi Legenda Lutung Kasarung

Untuk lebih lengkapnya saya berikan gambar animasi dari cerita rakyat lutung kasarung ini. Di blog ptn17.com ini tidak hanya mendapatkan ceritanya saja, namun teman-teman juga akan mendapatkan cerita dongeng bergambar animasi.

Video Cerita Legenda Lutung Kasarung

kurang lengkap rasanya jika belum ada videonya. Nah, teman-teman bisa melihat video dari cerita dongeng diatas di blog ini.

PENUTUPAN.

Mungkin jika teman-teman ingin membaca dongeng lain bisa cek di blog ini. Atau saya kasih rekomendasi dongeng anak yang sangat menarik ini.

Itulah cerita rakyat lutung kasarung dari jawa barat. Nantikan dongeng anak lainya yang tidak kalah menarik.

Cerita Rakyat Lutung Kasarung (Dongeng Legenda Sunda)
Berikan Nilai Anda

Bagikan ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *