Dongeng Danau Lipan
Dongeng Danau Lipan, sumber: youtube.com/dongengkita

Dongeng Legenda: Asal Usul Danau Lipan (Kalimantan Timur)

Diposting pada

Cerita dongeng asal usul Danau Lipan Kalimantan Timur. Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki garis pantai.

Provinsi ini memiliki sebuah tempat yang dahulunya berupa lautan. Tempat tersebut bernama Muara Kaman. Dahulu kala garis pantai berada di Brubus Kampung Muara Kaman Hulu.

Sekarang Muara Kaman adalah kota kecamatan yang masuk wilayah kabupaten Kutai Kartanegara. Muara Kaman memiliki sebuah danau yang disebut dengan danau lipan.

Namun tidak seperti danau-danau lainnya, di danau lipan lebih menyerupai padang rumput yang penuh semak-semak pada musim kemarau dan tergenang air pada musim penghujan.

Bagaimana bisa sebuah padang luas yang berisi rumput dan semak-semak bisa disebut sebagai Danau Lipan? Mari kita simak cerita dongeng anak bergambar yang berjudul legenda asal usul danau lipan berikut ini.

Dongeng Asal Usul Danau Lipan

Pada zaman dahulu kala di Kalimantan Timur terdapat sebuah kerajaan yang memiliki bandar besar. Kerajaan tersebut memiliki bandar besar yang dikunjungi kapal-kapal dari berbagai kerajaan lainnya.

Dongeng Danau Lipan
Dongeng Danau Lipan, sumber: youtube.com/dongengkita

Perdagangan yang maju membuat rakyat hidup makmur dan berkecukupan. Kerajaan tersebut juga dikenal karena memiliki putri yang sangat cantik jelita. Putri tersebut bernama Putri Aji Bedarah Putih.

Dongeng Danau Lipan (Putri Aji Bedarah Putih)
Putri Aji Bedarah Putih

Selain dikenal akan kecantikannya Putri Aji Bedarah Putih juga dikenal dengan kepandaian dan kebijaksanaan nya.

Kecantikan Putri Aji Bedara Putih bahkan terdengar hingga ke berbagai Negeri hingga ke Negeri Cina. Tujuan Raja Cina tersebut ternyata untuk melamar Tuan Putri Berdarah Putih.

Kapal kapal rombongan Raja Cina merapat pada bandar besar di depan Istana Putri Aji Berdarah Putih. Raja Cina pun menuruni kapalnya dengan pakaian kebesarannya.

Putri Aji menyambut rombongan Raja Cina dengan ramah di balairung istana.

Cerita asal usul danau lipan

Putri Aji Bedarah Putih: “Selamat datang Yang Mulia. Terima kasih mau berkunjung ke istana kami yang sederhana ini. “

Raja Cina: “Terima kasih Tuan Putri. Benar juga yang dikatakan orang-orang, selain cantik rupawan, Anda juga sangat bijaksana. Ehhh maksud kedatangan saya kesini adalah untuk……”

Putri Aji Bedarah Putih: “Maafkan saya, tentunya Yang Mulia kelelahan setelah berlayar jauh selama berhari-hari. Karena itu sudah kami siapkan hidangan ala kadarnya. Silakan yang mulia dan rombongan menikmatinya.”

Putri Aji ternyata sudah tahu maksud kedatangan Raja Cina. Karena itu Putri Aji mempersilahkan Raja Cina untuk makan terlebih dahulu.

Yang tidak diketahui oleh Raja Cina ternyata jamuan makan tersebut merupakan rahasia Putri Aji untuk menguji Raja Cina.

Danau Lipan Kalimantan Timur

Putri Aji Bedarah Putih: “Silahkan dinikmati hidangannya Yang Mulia.”

Raja Cina: “Hmmmm… Enak… enak… enak sekali makanan ini.. “

Sang putri sepertinya kehilangan selera makan. Sebenarnya apa yang terjadi? Ternyata Putri Aji merasa jijik dengan cara makan Raja Cina yang jorok. Sang raja makan langsung dengan menyesapnya dari piring tidak menggunakan tangan.

Kisah danau lipan
Kisah danau lipan

Hal itulah yang membuat Putri Aji kehilangan selera makan. Putri Aji tidak hanya merasa jijik, tetapi juga tersinggung. Raja Cina dianggapnya tidak menghormati tuan rumah dengan cara makan seperti itu.

Akhirnya acara makan tersebut selesai. Putri Aji dan Raja Cina melanjutkan pembicaraan di balairung istana.

Dongeng Asal Usul Danau Lipan
Dongeng Asal Usul Danau Lipan, sumber: youtube.com

Raja Cina: “Yang Mulia Putri Aji, sungguh saya mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga untuk sambutan dan jamuan yang luar biasa tadi. Namun.. tujuan utama saya datang kesini adalah untuk meminang tuan putri.”

Putri Aji Bedarah Putih: “Yang Mulia, terima kasih untuk pujiannya. Yang saya hidangkan hanya makanan sederhana. Untuk pinangan Yang Mulia, maafkan saya.. saya tidak bisa menerimanya. Semoga Yang Mulia tidak tersinggung dengan penolakan saya.”

Raja cina merasa tidak senang terhadap penolakan yang dilakukan oleh tuan putri.

Asal Usul Danau Lipan

Raja Cina: “Kenapa tuan putri menolak pinanganku..”

Putri Aji Bedarah Putih: “Saya tidak suka cara makan Yang Mulia. Seorang manusia seharusnya makan dengan tanganya, bukan malah langsung menyesapnya.”

Setelah lamarannya ditolak, maka Raja Cina segera menuju ke kapalnya dan memerintahkan prajuritnya bersiap untuk menyerang istana Putri Aji. Raja Cina pun segera memimpin penyerbuan ke istana Putri Aji.

Serangan besar-besaran dilakukan ke istana Putri Aji. Ribuan panah tiada henti menghujani istana Putri Aji. Pasukan Putri Aji tidak tinggal diam mereka membalas menyerbu pasukan Cina dengan menghujani anak panah.

Saling menghujani anak panah terjadi untuk beberapa lama. Korban berjatuhan di kedua belah pihak.

Setelah saling menghujani dengan anak panah, lama-kelamaan pasukan Cina berhasil mendekati gerbang istana.

Setelah berhasil mendekati gerbang istana beberapa orang prajurit Cina yang dilindungi tameng membawa kayu besar berusaha menjebol pintu gerbang istana. Para prajurit Putri Aji berusaha memanah prajurit Cina yang hendak menjebol pintu gerbang istana.

Gambar danau Lipan kalimantan timur

Akhirnya pintu gerbang istana Putri Aji jebol. Setelah pintu gerbang istana jebol pasukan Cina segera masuk dan terjadi pertempuran sengit di halaman istana.

Pasukan Putri Aji semakin terdesak, pertempuran semakin mendekat ke balairung istana. Putri Aji yang menyaksikan pertempuran tersebut semakin cemas. Bahwa pasukannya tidak akan bisa bertahan lebih lama lagi menghadapi serangan pasukan Cina.

Putri Aji Bedarah Putih: “Ehhh… Para Dewa… tolonglah rakyatku. Jadikanlah sepah sepah daun sirih ini menjadi lipan untuk mengalahkan Raja Cina dan pasukanya.”

Selesai berdoa, Putri Aji segera memakan daun sirih yang dipegangnya. Lalu Putri Aji menyemburkan daun sirih yang dikunyahnya.

Dongeng Danau Lipan
Dongeng Danau Lipan

Kunyahan daun sirih Putri Aji berubah menjadi lipan yang besar-besar. Sementara itu pertempuran sengit masih berlangsung di halaman istana. Meskipun terdesak pasukan Putri Aji masih terus memberikan perlawanan pantang menyerah.

Para prajurit dari kedua belah pihak terkejut dan seketika menghentikan pertempuran karena melihat ribuan lipan keluar dari istana.

Asal Mula Danau Lipan
Asal Mula Danau Lipan

Lipan lipan tersebut hanya menyerang pasukan Cina. Pasukan Cina segera melarikan diri ke luar istana menuju kapal-kapal mereka.

Raja Cina pun tidak luput dari serangan lipan lipan tersebut. Sang raja segera berlari terbirit-birit menuju kapalnya karena kewalahan diserang lipan.

Pasukan Cina segera masuk ke kapal dan berusaha pergi secepatnya dari pantai Muara Kaman, namun lipan lipan tersebut tidak memberi ampun. Kapal-kapal pasukan Cina semua diserang lipan, begitu pula dengan Raja Cina.

Legenda Danau Lipan
Legenda Danau Lipan

Lipan lipan tersebut mengerubuti nya hingga tewas. Kapal kapal pasukan Cina akhirnya tenggelam di pantai Muara Kaman. Tidak ada satu kapalpun yang selamat.

Keanehan pun terjadi, laut yang menjadi tempat tenggelamnya kapal kapal pasukan Cina tiba-tiba menjadi dangkal dan membentuk hamparan padang yang luas.

Cerita terbentuknya danau lipan
Cerita terbentuknya danau lipan

Hamparan padang luas yang dipenuhi rerumputan inilah yang kemudian dikenal dengan nama danau lipan. Sedangkan Putri Aji menghilang secara gaib setelah mengirimkan lipan lipan untuk menyerang pasukan Cina.

Itulah cerita terjadinya danau lipan yang ada di Kalimantan Timur, Indonesia. Baca juga dongeng legenda lainya yang membahas asal usul tempat, binatang dan lainya hanya di PTN17.COM.

Dongeng Legenda: Asal Usul Danau Lipan (Kalimantan Timur)
5 (100%) 1 vote

Bagikan ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *