Dongeng cerita keong mas

Cerita Keong Mas (Dongeng Legenda Jawa Timur)

Diposting pada
4.75/5 (4)

Cerita keong mas memiliki 2 versi, namun pada cerita dongeng kali ini saya akan berikan versi Candra Kirana yang dikutuk nenek sihir menjadi keong berwana emas.

Teman-teman bisa membaca koleksi cerita rakyat lainya di blog Pintar Dongeng 17 ini. Beragam dongeng anak bergambar animasi secara lengkap disini.

Seperti apa cerita dongeng keong mas ini? Langsung saja kita simak baik-baik ceritanya dibawah ini beserta gambar animasi.

Cerita Dongeng Keong Mas

Di sebuah kerajaan Makmur bernama kerajaan Daha, hiduplah seorang raja. Dia mempunyai 2 orang putri bernama Dewi Galuh dan Candra Kirana. Mereka berdua cantik, namun Candra Kirana yang paling cantik.

Cerita keong mas
Cerita keong mas

Mereka berdua putri raja, namun Candra Kirana yang paling disayang rakyatnya. Selain parasnya yang cantik, hatinya juga jelita. Sementara Dewi Galuh selalu iri dengan kakaknya. Lama-lama rasa iri itu menjadi rasa benci.

Lalu tumbuh lah kedua Putri itu menjadi dewasa. Raja Kertamarta melihat sudah waktunya Candra Kirana menikah. Dia pun bertanya.

Dongeng keong mas

Raja Kertamarta: “Putri, kamu sudah dewasa, sudah waktunya kamu menikah. Apakah kamu mau menikah dengan pria pilihan ayah.?”

Candra Kirana: “Siapakah laki-laki pilihan ayah handa?”

Raja Kertamarta: “Dia adalah Raden Inu Kertapati dari kerajaan kahuripan. Dia seoran laki-laki yan sangat baik, bijaksana dan adil. Apakah kamu bersedia?”

Candra Kirana: “Baik ayah. Saya bersedia.”

Dewi Galuh yang mendengar pembicaraan ayah dan kakaknya menjadi marah. Sudah lama dia menaruh hati dengan Raden Inu Kertapati kerajaan Kahuripan. Pupus sudah harapannya menjadi permaisuri.

Kemarahannya membuatnya gelap mata, dia pun pergi menemui nenek sihir untuk membuat rencana menyingkirkan Candra Kirana.

Legenda Keong mas

Dewi Galuh: “Nek.. aku perlu bantuan nenek.”

Nenek Sihir: “Hahahahaha…. Pasti..pasti aku bantu Dewi Galuh.”

Suatu hari Chandra Kirana berjalan-jalan di tepi pantai. Dia sangat gembira dengan rencana ayahnya. Sebenarnya Chandra Kirana juga menaruh hati dengan Raden Inu Kertapati.

Keinginan hati nya ternyata tidak bertepuk sebelah tangan. Sebentar lagi Raden Inu Kertapati akan melamarnya sebagai permaisurinya.

Cerita dongeng keong mas

Chandra Kirana: “Senangnya hatiku, sebentar lagi aku akan menjadi permaisuri.”

Saat Candra Kirana sedang asyik bermain air tiba-tiba muncullah nenek sihir.

Chandra Kirana: “Hah… siapa kamu?

Nenek sihir itu tertawa dengan suara yang mengerikan.

Nenek sihir: “Hahahaha… kamu tidak perlu tahu siapa aku.”

Nenek sihir itu komat-kamit lalu merentangkan tangannya.

Nenek sihir: “Wahai Chandra Kirana, ku kutuk kamu jadi seekor keong emas. Kamu hanya bisa menjadi manusia kembali jika kamu menemukan cinta sejatimu. Namun akan ku pastikan kamu tidak akan pernah bertemu dengannya. Hahaha…”

Chandra Kirana: “Tolooonnng… tolong aku.”

Keong mas

Jerit Candra Kirana tidak ada yang mendengar suara jerit tangis nya. Candra Kirana sudah menjadi seekor Keong Emas. Tiba-tiba Ombak besar menerjang dan menyeret keong emas.

Sementara itu di istana, Dewi Galuh menyebarkan berita bohong jika Candra Kirana melarikan diri karena tidak mau dinikahkan dengan Raden Inu Kertapati.

Jauh di seberang, seorang nenek tua sedang mencari ikan dengan jaring tuanya. Dia terkejut karena seekor Keong Mas yang berwarna emas kemilau tersangkut jaringnya.

Cerita rakyat keong mas

Nenek tua: “aapa ini. keong yang cantik. Akan aku pelihara keong ini”

Dia pun membawa pulang Keong Mas itu untuk dipelihara. Ketika nenek tua pergi mencari ikan keesokan harinya Keong Mas berubah wujud menjadi Candra Kirana.

Sebagai ucapan terima kasih karena telah menyelamatkan jiwanya Chanda Kirana membersihkan rumah nenek tua itu. Selain itu dia juga memasak untuknya.

Setelah tugasnya selesai, Candra Kirana berubah wujud menjadi keong mas kembali. Sepulangnya dari mencari ikan nenek tua itu terkejut sebab rumahnya sudah bersih dan tersedia makanan di meja makan. Kejadian aneh itu terus berulang setiap hari.

Dongeng keong emas

Karena penasaran, Nenek tua itu tidak mencari ikan tetapi mengintip dari luar rumah. Ternyata dia melihat keajaiban Keong Mas berubah menjadi perempuan cantik. Nenek tua itu langsung masuk rumah dan Candra Kirana terkejut. Dia pun menceritakan semua kepada nenek tua itu.

Sementara itu Raden Inu Kertapati tidak percaya jika Candra Kirana pergi begitu saja. Dia pun menyamar menjadi rakyat biasa dan mengembara untuk mencari Candra Kirana.

Rencana itu diketahui Dewi Galuh yang segera memerintahkan si nenek sihir untuk menggagalkan pencarian Raden Inu. Si nenek sihir itu menyamar sebagai burung gagak yang dapat bicara. Raden Inu yang sakti mencium gelagat tidak baik ketika bertemu dengan gagak itu.

Raden Inu Kertapati

Ia heran, sebab burung gagak itu selalu membawanya ke tempat yang jauh dan sepi.

Raden Inu Kertapati: “Siapa sebenarnya kau ini gagak.?”

Burung gagak: “Aku ini burung yang tau arah tujuan.”

Raden Inu Kertapati yang sakti itu merasa jengkel, lalu memukul gagak itu dengan tongkatnya. Gagak itu terkena pukulan Raden Inu dan berubah menjadi nenek sihir.

Cerita keong mas lengkap

Nenek Sihir: “Aduhh… sakit..”

Raden Inu Kertapati: “Hah.. ternyata kamu nenek sihir yang jahat..!”

Raden Inu semakin membulatkan tekad untuk mencari Candra Kirana. Dia terus mengembara sampai bekalnya habis. Dan dia pun sampai di desa tempat nenek tua itu tinggal.

Saat hendak meminta makan di rumah nenek tua itu, betapa terkejutnya saat melihat Candra Kirana sedang memasak. Raden Inu segera masuk rumah dan terkejutlah Candra Kirana.

Cerita keong mas bergambar animasi

Candra Kirana: “Hah.. Raden Inu Kertapati..? Kenapa kamu ada disini?”

Raden Inu Kertapati: “Loh… Candra Kirana… aku mencarimu kemana mana.”

Saat itu juga sirna kutukan nenek sihir jahat itu, Candra Kirana tidak akan lagi berubah wujud menjadi keong mas untuk selamanya. Akhirnya Raden Inu Kertapati dan Candra Kirana menikah. Si nenek tua yang sudah menyelamatkan Candra Kirana diboyong ke istana.

Lalu bagaimana dengan Dewi Galuh yang jahat, ketika mengetahui Candra Kirana kembali dan menerima kabar jika nenek sihir itu telah mati.

Dewi Galuh ketakutan, dia pun melarikan diri karena takut dihukum. Sayangnya dalam pelariannya Dewi Galuh terperosok ke dalam jurang dan meninggal dunia.

TAMAT..

Rekomendasi dongeng:

Itulah cerita keong mas yang saya rangkum. Teman-teman bisa melihat dongeng lainya yang tidak kalah menarik. Sampai jumpa lagi..

Incoming search terms:

Berikan Nilai Anda

Bagikan ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *