Pulau Nusa Kalimantan Tengah

[Dongeng Legenda] Asal Usul Pulau Nusa Kalimantan Tengah + Amanat

Diposting pada

Cerita dongeng legenda asal usul Pulau Nusa Kalimantan Tengah. Pulau Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia. Pulau ini merupakan pulau terbesar nomor 3 di seluruh dunia setelah pulau Greenland dan Pulau Papua.

Pulau Kalimantan juga dikenal sebagai pulau dengan banyak sungai besar. Salah satu provinsi di Kalimantan yang memiliki sungai besar adalah Kalimantan Tengah. Di Provinsi Kalimantan Tengah mengalir sungai Kahayan.

Sungai ini sangat besar sehingga bisa digunakan sebagai sarana transportasi air. Sungai ini berhulu di bukit Keminting dan bermuara di laut Jawa. Sungai Kahayan memiliki pulau yang terletak di tengah-tengahnya.

Pulau tersebut dikenal dengan nama Pulau Nusa yang berada pada aliran sungai Kahayan di Kabupaten Pulang Pisau. Pulau Nusa memiliki asal usul yang menarik dan diceritakan turun temurun hingga sekarang.

Bagaimana cerita asal-usul Pulau Nusa? Mari kita simak bersama dalam cerita legenda pulau nusa beserta amanat atau pesan moralnya.

Dongeng Legenda Pulau Nusa

Pada zaman dahulu kala di sebuah desa pada tepian sungai Kahayan tinggallah seorang bernama Nusa. Nusa hidup dengan istri dan seorang adik iparnya.

Dongeng asal usul pulau nusa
Dongeng asal usul pulau nusa

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, nusa dan adik iparnya bercocok tanam di sebuah ladang kecil dekat rumah panggung mereka. Ladang yang subur dan ketekunan mereka dalam bercocok tanam menghasilkan panen yang melimpah.

Sayangnya suatu hari, desa tempat tinggal Nusa dilanda kekeringan. Untuk memenuhi kebutuhan selama kekeringan, nusa dan adik iparnya pergi berburu di sungai ruhan. Sebuah sungai kecil di dekat sungai Kahayan.

Cerita legenda pulau nusa

Mereka terus mendayung di sungai ruhan sampai akhirnya sebuah pohon yang tumbang menghalau perahu mereka. Nusa dan adik iparnya mencoba membelah kayu tersebut, namun hari semakin sore.

Nusa: “Hari semakin sore dan kita belum mendapatkan hasil buruan.. Kamu lanjutkan memotong batang pohon ini,, aku akan masuk ke hutan.”

Nusa kemudian masuk ke dalam hutan untuk mencari binatang buruan. Tiba-tiba Nusa melihat sebuah telur yang berwarna putih besar. Sesampainya di rumah…

Asal Mula Pulau Nusa Kalimantan Tengah

Istri Nusa: “Telur ini terlalu besar kakanda.. Apakah kakanda tidak khawatir? Kakanda sendiri tidak mengetahui itu telur apa.

Nusa: “Telur ini sangat besar, tidak usah khawatir. Telur ini cukup untuk makan kita bertiga.”

Istri Nusa: “Lebih baik kita tidak memakan telur ini Kakanda. Tidak makan hari ini tidak apa-apa. Asalkan kita tidak memakan sesuatu yang tidak jelas asal-usulnya.”

Nusa: “Jika kalian tidak mau memakan telur ini, aku saja yang memakanya. Aku tidak peduli ini telur apa.”

Dongeng Asal Usul Pulau Nusa Kalimantan Tengah

Dengan wajah yang kesal kepada istrinya, akhirnya Nusa sendiri yang merebus telur tersebut. Setelah telur tersebut matang, Nusa memakannya sampai habis.

Nusa: “Ahhhhhh… kenapa dengan tubuhku ini..??”

Nusa terlihat panic, seluruh tubuhnya muncul bercak-bercak merah,rasanya sakit dan gatal. Istri dan adik ipar Nusa datang membantu menggaruk tubuh Nusa. Bukannya menjadi sembuh, bercak-bercak merah di tubuh Nusa berubah menjadi sisik.

Dongeng Pulau Nusa
Dongeng Pulau Nusa, sumber: youtube.com

Nusa pun akhirnya menyesal telah mengabaikan peringatan istrinya agar tidak memakan telur tersebut. Namun semuanya telah terlambat, adik ipar Nusa pun datang bersama warga.

Baca juga: Dongeng asal usul danau lipan

Mereka terkejut melihat tubuh Nusa telah dipenuhi sisik dari dada sampai kaki. Karena tubuhnya yang semakin membesar, Nusa kemudian dibawa kehalaman.

Dongeng asal usul pulau nusa

Nusa: “Aduh,,, tubuhku panas sekali.. Tolong bawakan aku ke sungai.”

Adik ipar dan para warga desa membantu mendorong tubuh Nusa masuk ke dalam sungai Kahayan yang sedang mengering. Istri Nusa hanya memandangi nya dengan tatapan sedih.

Ketika masuk ke dalam sungai Kahayan, tubuh Nusa kemudian benar-benar menjadi naga yang sangat besar. Setelah bersusah payah dibantu warga masuk ke dalam sungai, Nusa kemudian berpesan kepada istrinya.

Kisah cerita terbentuknya pulau nusa
Kisah cerita terbentuknya pulau nusa

Nusa (sang naga) : “Adinda… nanti malam akan turun hujan lebat disertai badai. Lebih baik kamu, adikmu dan para warga mengungsi. Tinggalkanlah kakanda disini. Ini sudah menjadi garis nasib kita untuk berpisah. Maafkan saya…”

Nusa yang telah sepenuhnya menjadi naga itu hanya bisa menangis melihat kepergian orang-orang yang disayanginya. Pada malam harinya seperti yang dikatakan Nusa, terjadi hujan badai. Luapan air yang besar membuat tubuh Nusa terbawa arus.

Tubuh Nusa yang terbawa banjir sungai Kahayan, akhirnya terdampar di dekat Muara. Nusa hanya berdiam diri sambil melingkarkan tubuhnya di muara sungai Kahayan.

Cerita terbentuknya pulau nusa

Di muara sungai tersebut banyak terdapat ikan, sehingga Nusa tidak kesulitan mencari makanan. Kehadiran Nusa di muara tersebut membuat ikan-ikan menjadi cemas akan keselamatan mereka.

Suatu hari ikan Jelawat dan ikan Saluang terlibat pembicaraan untuk menyelamatkan umat ikan di muara sungai Kahayan.

Dongeng Pulau Nusa Kalimantan Tengah

Ikan Saluang: “Aku punya ide bagus.. kalian ikut saja ide ku ini.”

Ikan Jelawat: “Bagaimana caranya kita mengusir Naga Nusa itu di sini.?”

Ikan Saluang: “Kalian harus tenang. Tunggu saja perintahku, yang penting kalian semua siap membantuku.”

Ikan Saluang: “Tuang Nusa, aku tadi bertemu seekor naga jahat yang besarnya sama denganmu. Naga jahat itu tahu engkau tinggal di sini. Dia memintaku untuk menyampaikan tantangan berkelahi kepadamu.”

Dongeng legenda pulau nusa
Dongeng legenda pulau nusa

Naga Nusa: “Berani sekali dia menantangku! Aku tunggu dia besok disini..”

Keesokan harinya Naga Nusa sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi naga yang menantangnya. Sambil melakukan pemanasan, Nusa merasa aneh. Tidak ada seekor ikan pun yang terlihat.

Namun Nusa berfikir ikan-ikan ketakutan akan adanya perkelahian besar 2 ekor naga. Nusa menunggu musuhnya hingga matahari condong ke barat, namun musuh yang ditunggu tidak kunjung datang.

Dongeng legenda kalimantan tengah, pulau nusa

Nusa pun mengantuk dan tertidur. Ternyata sedaritadi ikan Saluang mengintip Nusa dari jauh dan mendekatinya ketika Nusa tertidur.

Ikan Saluang: “Ehh… Tuan Nusa..bangun.. Musuhmu datang… musuhmu datang.!”

Nusa terkejut dan menggeliat menoleh ke sana kemari mencari musuhnya. Nusa melihat ekor yang sedang berputar dan tanpa pikir panjang langsung menggigitnya.

Dongeng Asal Mula Pulau Nusa

Ketika menggigit ekor tersebut Nusa merasa ada yang aneh. Nusa memandang ekor yang sedang digigitnya dengan seksama. Ternyata Nusa menggigit ekornya sendiri.

Naga Nusa: “Ahhhh… Aduhhh.. ekorku…”

Nusa berteriak kesakitan karena ekornya putus dan yang lebih menyakitkan bahwa dia sendiri yang menggigit ekornya.

Melihat ekor Nusa yang telah putus, maka ikan Saluang segera mengomando ikan-ikan lainnya yang jumlahnya ribuan untuk menyerang ekor Nusa yang terluka.

Ikan Saluang: “Wahai umat ikan yang ada di Muara Kahayan yang selama ini dijajah Naga Nusa. Saatnya kalian membebaskan diri dari penjajahan ini. Segeraaa serang dan gigit ekor naga yang terluka!!”

Dengan serentak, ribuan ikan dari berbagai jenis menyerang ekor naga yang terluka. Naga Nusa lari kesana-kemari menyelamatkan ekornya. Naga akhirnya kelelahan dan tidak sanggup lagi untuk lari.

Jumlah ikan yang mengerubungi ekornya semakin banyak. Nusa hanya bisa berdiri sambil kelelahan. Nafasnya tersengal-sengal dan dia pun menangis.

Nusa akhirnya tidak mampu bertahan, tubuhnya ambruk dan tidak bergerak lagi. Naga Nusa yang perkasa itu akhirnya mati. Ikan-ikan terus memakan tubuh Nusa hingga hanya menyisakan tulang-tulangnya.

Pulau Nusa Kalimantan Tengah

Kerangka naga Nusa itu akhirnya ditumbuhi berbagai tanaman dari semak belukar hingga pepohonan. Akhirnya lama-kelamaan kerangka Nusa menjadi sebuah pulau. Pulau tersebut kemudian dikenal dengan nama Pulau Nusa. Letaknya di aliran sungai Kahayan Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Pesan / Amanat Dongeng Pulau Nusa

Lalu apa amanat yang terkandung dalam cerita dongeng legenda pulau nusa, Kalimantan Tengah ini.

  • Jangan ceroboh,
  • Jangan mudah tergiur dengan sesuatu yang belum pasti asal-usulnya,
  • Menghargai dan mendengarkan nasihat dari orang lain,
  • Jangan sombong dengan tubuh yang kuat dan besar.

Gambar Legenda Pulau Nusa

Kurang lengkap jika memberikan sebuah cerita dongeng kepada anak tanpa bergambar. Berikut ini beberapa gambar dongeng anak yang berjudul asal usul pulau nusa.

Video Dongeng Pulau Nusa

Lebih lengkap lagi kalau ada videonya. Dibawah ini saya rekomendasikan video dongeng asal usul pulau nusa kalimantan tengah.

Nah, itulah cerita dongeng pulau nusa kalimantan tengah yang sangat menarik. Nantikan cerita dongeng anak bergambar lainya yang tak kalah seru dan menghibur. Tetap kunjungi blog Pintar Dongeng 17 ya..

[Dongeng Legenda] Asal Usul Pulau Nusa Kalimantan Tengah + Amanat
Berikan Nilai Anda

Bagikan ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *