Cerita Dongeng Putri Salju dan 7 Kurcaci

Cerita Dongeng Putri Salju dan 7 Kurcaci Bahasa Indonesia [FULL]

Diposting pada

Cerita dongeng Putri Salju dan 7 kurcaci bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris kita lebih mengenal dengan nama, Snow White. Namun jika diartikan dalam bahasa kita adalah Putih Salju.

Tak sedikit dari kita selalu salah dalam menerjemahkan “Putih Salju” (Snow White) menjadi “Putri Salju” (Snow Princess). Kesalahan ini yang akhirnya menjadi lebih umum, akan tetapi terjemahan yang benar adalah “Putih Salju”.

Dongeng Putri Salju adalah cerita fiksi yang di karang oleh Grimm Bersaudara yang berasal dari Eropa. Pada versi ini, terdapat elemen seperti cermin ajaib dan tujuh kurcaci.

Seperti apa kisah dongeng putri salju dan 7 kurcaci ini. Dan bagaimana sang pangeran menyelamatkan hidupnya yang diracuni nenek sihir dengan sebuah apel. Inilah cerita dongeng lengkapnya..

Dongeng Putri Salju (Snow White) & 7 Kurcaci

Di suatu kerajaan tinggallah Ratu yang sangat cantik jelita. Kecantikannya diakui hingga ke seluruh penjuru Negeri. Sang Ratu mempunyai sebuah cermin ajaib yang bisa berbicara.

Kisah Putri Salju
Gambar ilustrasi sang Ratu

Ratu: “Wahai cerminku. Siapakah wanita yang paling cantik di Negeri ini.?

Cermin Ajaib: “Tentu kaulah yang paling cantik di Negeri ini, Ratu.”

Ratu: “Hahaha… Pasti. Terima kasih cermin ajaibku.”

Saat sang ratu sedang berjalan-jalan berkeliling hutan di sekitar istananya dia menemukan seorang bayi perempuan yang cantik, mempunyai kulit yang putih dan senyum yang indah.

Ratu: “Anak siapa ini? Cantik sekali. Aku akan rawat dia seperti anak ku sendiri.”

Beberapa tahun kemudian si bayi cantik itu tumbuh menjadi sosok perempuan yang cantik sekali. Mempunyai kulit yang putih dan bibir yang sangat merah.

Cerita dongeng putri salju

Dia diberi nama Putri Salju, karena kecantikan dan kelembutannya yang seperti salju.

Suatu hari di Istana sang Ratu kembali bertanya kepada Cermin Ajaibnya.

Ratu: “Wahai Cermin Ajaibku. Siapakah wanita paling cantik di Negeri ini? Pasti jawabanmu, aku lah yang paling cantik. Hahaha.”

Cermin Ajaib: “Engkaulah yang paling cantik di negeri ini, tapi Putri Salju jauh lebih cantik dibandingkan Ratu.

Ratu: “Apaaaaa…..!! (Sang Ratu kaget dan marah)”

Awal Konflik Dalam Cerita Dongeng

Saat itu sang ratu jadi benci kepada Putri Salju. Dia mempunyai ide untuk membunuh sang putri dengan menyuruh pemburu untuk menghabisi nyawa Putri dan membawa jantungnya sebagai bukti bahwa Putri Salju telah berhasil dibunuh.

Pemburu sedang menyiapkan tali untuk sang putri. Dia berencana membawa Putri Salju ke hutan lalu meninggalkannya. Namun, sang pemburu tidak tega karena Putri Salju sangat baik.

Dongeng putri salju dan 7 kurcaci

Sang Pemburu: “Ayo Putri.. Sekarang kamu ikut aku kehutan.”

Putri Salju: “Mau dibawa kemana aku? Lepaskan aku..!”

Sang Pemburu: “Sekarang kita sudah sampai di hutan. Aku minta kamu pergi dari istana. Aku ditugaskan oleh Ibu Tirimu untuk membunuhmu, tapi aku tidak tega. Jadi silahkan kamu pergi ke hutan supaya nyawamu aman dan selamat.”

Putri Salju: “Apaaaa..?? Baiklah aku akan mencari tempat tinggal di hutan ini. Terima kasih atas kebaikanmu. Kau harus jaga diri juga, Ibuku bisa marah kalau tahu kau berbohong.”

Sang Pemburur: “Jangan khawatir Putri, aku sudah menyusun semuanya.”

Pemburu meninggalkan Putri Salju sendirian dan dia membunuh babi hutan dan mengambil jantungnya untuk mengelabuhi sang Ratu. Jantung itu dijadikan sebagai bukti bahwa Putri Salju telah meninggal.

Sesampainya pemburu di istana,

Cerita putri salju dan 7 kurcaci

Ratu: “Hahahaha… Kerja bagus, Putri Salju telah kau lenyapkan. Tak ku sangka kau pemburu yang hebat.”

Sang Pemburu: “Terima kasih atas pujianmu Ratu. Permisi saya harus pulang.”

Awal Mula Pertemuan Putri Salju dengan 7 Kurcaci

Masih mau lanjut membaca cerita dongeng putri salju ini teman-teman? Silahkan baca dengan baik ceritanya dibawah ini.

Sementara di hutan, Putri berjalan sendirian dan kebingungan karena tidak ada tempat tinggal. Dia terus berjalan menyisiri hutan. Dia melihat ada sebuah rumah lalu dia mendatangi rumah itu.

Putri salju dan 7 kurcaci

Putri Salju: “Wah….. ada rumah disitu. Baiklah aku akan coba datangi rumah itu dan minta ijin untuk tinggal sementara disitu. Permisi, apa ada orang  didalam?… halo..”

Berkali-kali Putri memanggil orang di dalam rumah itu, tetapi tetap tidak ada yang menjawab. Dan tidak sengaja dia membuka pintu. Pintu itu terbuka dan tidak dikunci oleh pemiliknya.

Putri Salju: “Permisi.. Mengapa rumah ini sepi sekali? Aku sangat lapar dan lelah. Wah,,,, ini ada sedikit makanan. Aku makan ah..”

Tanpa sadar, sang putri kemudian terlelap karena kelelahan setelah berjalan jauh menyisiri hutan. Saat malam tiba, pemilik rumah pulang ke rumah dan mereka adalah 7 orang kurcaci. Pekerjaan mereka adalah sebagai penambang emas di gunung.

Saat mereka menyalakan 7 lilin yang menerangi seluruh rumah, mereka sadar bahwa ada orang yang telah masuk ke dalam rumah tersebut.

Para Kurcaci: “Wah… kenapa pintunya terbuka? Siapa yang meminum air? Siapa yang menggunakan garpu dan sendok kita?

7 Kurcaci itu terkejut melihat ada seorang wanita cantik yang tidur di tempat tidurnya. Ke tujuh kurcaci itu pun saling berpandangan kebingungan.

7 kurcaci

Para Kurcaci: “Lihat… ada putri cantik yang sedang tertidur. Tapi kasihan kalau kita bangunkan dia. Sepertinya dia lelah sekali. Bagaimana kalau kita biarkan dia saja, kita bisa tidur berdua dulu untuk sementara sambil menunggu dia bangun.”

Di pagi hari, Putri terbangun dan terkejut dengan adanya tujuh kurcaci di hadapannya.

Putri: “Hoaaammm… Haaa. siapa orang-orang ini? Maaf, kalian siapa?”

Para Kurcaci: “Halo Putri, rupanya Kamu sudah bangun. Kami sudah siapkan makanan untuk Putri.”

Semula Putri takut, namun setelah dia tahu para kurcaci itulah yang menolongnya dia tidak takut lagi.

Dongeng putri salju
Dongeng putri salju

Putri: “Terima Kasih. Kalian baik sekali. Terima kasih juga karena aku sudah diizinkan untuk istirahat di rumah kalian. Nanti aku akan pergi lagi untuk mencari tempat tinggal.”

Para Kurcaci: “Mengapa Putri tidak tinggal bersama kami saja?” Kamu bisa tinggal bersama kami Putri.

Putri: “Aku sangat berterima kasih kalau aku boleh tinggal di sini bersama kalian. Maafkan telah banyak merepotkan kalian.”

Para Kurcaci: “Kami mau bekerja dulu ya. Ingat Putri, kalau ada yang mengetuk pintu selain dari kami jangan bukakan pintunya ya.”

Putri: “Baiklah. Kalian juga harus hati-hati ya.”

Puncak Konflik, Sang Putri Memakan Apel Racun

Sementara itu di dalam istana sang Ratu selalu merasa senang karena hanya dialah yang paling cantik di seluruh penjuru Negeri. Suatu ketika dia bertanya kepada cermin ajaib.

Ratu: “Siapakah wanita yang paling cantik di Negeri ini wahai Cermin Ajaibku.?”

Cermin Ajaib: “Tentu Ratuku yang paling cantik, tapi Putri Salju 1000 kali jauh lebih cantik daripada Ratuku.”

Ratu: “Apa….Sang pemburu itu sudah membohongi ku. Aku sendiri yang akan membunuhnya.”

Ratu sangat marah kala itu. Suatu hari dia menyamar menjadi nenek penjual apel. Namun apel tersebut sudah diolesi racun dan diberi mantra.

Sesampainya di hutan, Ratu mendatangi Sang Putri ke tengah hutan.

Ratu (menyamar jadi nenek): “Permisi… permisi.. ada yang mau beli apel ku kah?”

Sang putri mempunyai hati yang sangat baik. Sering kali dia merasa iba. lalu dia membeli apel dari sang nenek dan sama sekali tidak mempunyai firasat buruk apapun.

Ketika dia memakan nya dia tidak menyadari kalau apel yang dimakan telah diolesi racun.

Dongeng Putri Salju dan kurcaci

Putri Salju: “Aduhhh nek. Kenapa tiba-tiba kepalaku pusing dan sesak nafas setelah aku makan apel ini nek. Tolong aku nek..”

Ratu (menyamar jadi nenek): “Hahahaha.. Putri yang malang. Mau saja aku bodohi. Sekarang kau merasakan akibatnya, aku akan mati lemas dalam waktu singkat. Jangan macam-macam denganku.”

Putri terjatuh dan meninggal dengan kondisi badan yang kaku. Sang ratu segera meninggalkannya sendirian. Ketika malam hari datang, 7 Kurcaci yang baru pulang melihat keadaan Putri yang sudah tidak bernyawa.

Sementara di istana sang ratu bersorak-sorai atas kematian Putri Salju. Dia merasa bahwa sudah tidak ada lagi yang menyayangi kecantikannya dan dia langsung mendatangi cermin ajaib.

Sementara di tengah hutan para kurcaci sangat sedih melihat sang putri yang tidur kaku di peti kaca. Mereka belum berniat untuk memakamkan sang putri karena masih menunggu keajaiban.

Akhir Cerita…

Akhirnya kita sampai di akhir cerita dongeng putri salju. Dari sinilah kebahagiaan sang putri mulai tumbuh. Seperti apa kisahnya…

Suatu malam ada seorang pangeran yang sedang melintas dan dia melihat sang putri yang sedang tertidur di dalam peti kaca. Pangeran merasa mencium bau wangi yang berasal dari tempat Putri Salju. Dia kemudian menanyakan kepada para kurcaci tentang apa yang terjadi.

Pangeran dan 7 kurcaci

Pangeran: “Maaf. Bolehkah aku melihat jenazah nya langsung?”

Para Kurcaci: “Silahkan, jika Pangeran ini melihat langsung jenazah sang putri.”

Kemudian sang pangeran mencium Putri. Tiba-tiba Sang Putri terbangun dan ternyata ciuman itu telah menghancurkan mantra yang disebarkan oleh sang ratu.

Pada akhirnya mereka menikah menjadi sepasang suami istri dan hidup bahagia.

Sementara di istana, sang ratu sedang asyik berdansa tanpa tersadar tersungkur dengan kepala membentur guci dan akhirnya dia meninggal di tempat.

Pesan atau Amanat Dalam Cerita Putri Salju

Apa yang teman-teman dapatkan dari cerita putri salju yang sudah kita baca diatas.? Berikut ini amanat-amanatnya. [Referensi]

  • Jangan iri dengki terhadap orang lain,
  • Jangan memandang diri kita yang paling baik,
  • Percayalah bahwa akan ada cinta sejati,
  • Berbaiklah kepada semua orang tanpa pamrih,
  • Tidak boleh sombong.

Kita bisa tiru sifat dari sang putri tersebut. Dia sangat baik hati dan tidak mudah marah. Jangan ditiru sifat dari sang ratu itu ya teman-teman.

PENUTUP

Referensi cerita dongeng lainya..

Nah, itulah dongeng cerita putri salju dan 7 kurcaci. Blog Pintar Dongeng 17 menyediakan cerita beserta gambarnya. Masih banyak dongeng anak lainya yang tidak kalah menarik dengan cerita diatas loh..

Jangan lupa berikan bintang 5 nya ya teman-teman. Sampai jumpa..

Cerita Dongeng Putri Salju dan 7 Kurcaci Bahasa Indonesia [FULL]
4.3 (86.67%) 3 votes

Bagikan ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *